Sunday, October 1, 2017

Mesjid Di Kalijodo, Warisan Ahok Yang Di Selesaikan Djarot


Masjid Al-Mubarokah di bekas kawasan Kalijodo akan diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. Mari melihat masjid yang disebut Djarot sebagai warisan dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini.

Masjid Al-Mubarokah kini telah rampung dibangun. Petugas kini tinggal membersihkan beberapa sudut masjid dan memasang beberapa perlengkapan seperti beduk dan karpet.



Pantauan di Masjid Al-Mubarokah Jalan Bida Raya, Tambora, Jakarta Utara, Minggu (1/10/2017) tampak beberapa petugas sedang membersihkan beberapa bagian masjid. Meski belum dibuka untuk umum, beberapa warga sudah mulai melaksanakan salat di Masjid tersebut.

"Biasanya ramai warga dan pengendara yang singgah salat di sini saat maghrib," ujar salah seorang petugas kebersihan bernama Nurhadi.

Masjid tersebut terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan 500 meter persegi. Masuk ke dalam masjid, pengunjung langsung diarahkan ke lantai dasar masjid.

Di lantai dasar terdapat taman dengan beberapa pohon dan bunga. Di dekat taman juga terdapat aula serbaguna untuk berbagai kegiatan masjid. Tempat berwudu untuk salat juga terdapat di lantai bawah.


Lantai atas merupakan ruang utama masjid untuk jemaah menunaikan salat. Ruangan tersebut dihiasi beberapa kaligragi ayat Alquran.

"Untuk fisik bangunan sudah ok semua, tidak ada pekerjaan lagi. Ini tinggal membersihkan dan memasang karpet saja," sebut Nurhadi.

AGEN POKER ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA


Masjid Al-Mubarokah ini rencananya akan diresmikan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pada 3 Oktober besok. Ini merupakan salah satu agenda di penghujung masa jabatan Djarot. 

"Sebentar lagi kita akan resmikan Masjid di Kalijodo tanggal 3 (Oktober), patung di Kalijodo juga. Kita akan meresmikan Kota Tua dan pusat kuliner di Kota Tua tanggal 5 (Oktober). Tanggal 10 (Oktober) segera kita resmikan 100 RPTRA di seluruh Jakarta," ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Sabtu (23/9) lalu.


"Oh iya ya (masih memperhatikan program), karena waktu itu yang meletakkan batu pertama kan Pak Ahok setelah peresmian Kalijodo, baru kita bangun Masjid Al-Mubarokah. Ya ditanya bagaimana masjid saya bilang 'alhamdulillah sudah saya urus, sudah termasuk ke Badan Wakaf'. Itu kan masuk Badan Wakaf, selesai, dan sekarang lagi proses. Saya sampaikan ya Oktober-lah kami resmikan," kata Djarot pada di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017). Djarot menirukan hasil perbincangannya saat menjenguk Ahok.

Arsitek masjid ini, Yori Antar menyebut Masjid Al-Mubarokah ini dibuat bergaya pendopo era Walisongo dengan sentuhan Betawi. "Bergaya pendopo seperti era zaman Walisongo. Tapi bernuansa Betawi dengan dinding terinspirasi dari rumah Betawi," ucap Yori saat dihubungi detikcom, Kamis (20/7/2017). 

No comments:

Post a Comment

Melody Sudah Siap Hengkang Dari JKT48 Sejak Lama

 Member General Manajer JKT48, Melody Nurramdhani Laksani akhirnya mengumumkan kelulusanya dari JKT48. Rupanya keinginan untuk lulus itu ...